Kamis, 15 Juni 2017

TUGAS 4_ETIKA BISNIS


Nama   : Lailatul Musarrofah
NPM   : 15214966
Kelas   : 3EA11

BAGAIMANA KARYAWAN MENCIPTAKAN LINGKUNGAN YANG BAIK DIPERUSAHAAN

Lingkungan kerja yang baik akan memberikan kesempatan kepada karyawan terhadap hasil yang diinginkan dan bersifat mendukung. Lingkungan kerja yang baik juga akan memberikan kenyamanan pribadi bagi setiap karyawan apabila fasilitas yang diberikan dalam keadaan baik maupun bersih. Berikut bagaimana menciptakan lingkungan yang baik:

1.      Lingkungan Kerja Fisik
a.       Penerangan
Dengan adanya penerangan yang baik akan membantu karyawan dalam melakukan pekerjaan mereka tanpa merasa terlalu redup atau terlalu silau. Penerangan diletakan disetiap sudut rungan yang dimaksudkan untuk memberikan cahaya yang maksimal bagi karyawan tanpa merasa redup maupun kurang jelas.
b.      Udara
Dengan adanya pendinginan udara seperti AC, sehingga dapat menetralisir suhu panas yang terdapat diluar ruangan. Pemasahan AC dalam kantor diharapkan dapat memberikan motivasi kerja dan juga dapat melahirkan ide-ide baru untuk meningkatkan produktifitas.
c.       Kebersihan
Dengan adanya kebersihan sangatlah hal yang baik bagi karyawan. Hal ini terbukti dengan adanya pemeriksaan rutin yang dilakukan oleh penanggung jawab pada bidang kebersihan. Dengan lingkungan kerja yang bersih otomatis karyawan akan merasaka kenyamanan saat bekerja dan menjadi betah dengan ruangan kerja tersebut.

2.      Lingkungan Kerja Non Fisik
Suatu keadaan yang terjadi yang berkaitan dengan hubungan kerja, baik dengan atasan maupun dengan  sesama rekan kerja, ataupun dengan bawahan. Perusahaan dapat mencerminkan kondisi yang mendukung kerja sama antara tingkat atasan, bawahan, maupun yang dimiliki status jabatan yang sama diperusahaan.

3.      Lingkungan Kerja yang Kondusif
Lingkungan kerja yang kondusif ialah suatu keadaan lingkungan kerja yang dapat memberikan keamanan dan kenyamanan pada karyawan dalam mealukan pekerjaan.

4.      Kesatuan Dalam Kelompok
Memiliki rasa kebersamaan yang tinggi dengan tetap hoermat kepada atasan atau sesame. Ketika atasan memiliki musibah karyawan berkunjung dan mendoakan. Ada kesolidan dalam ruang lingkungan kerja.

5.      Ketertarikan Anggota dalam Kelompok
Ketertarikan anggota dalam kelompok merupakan ketertarikan anggota untk tetap berada pada kelompoknya dari pada kelompok lain. Dengan seringnya karyawan bersama dengan kelompok akan memberikan rasa kebersamaan dengan kelompok akan memberikan rasa kebersamaan dan semangat dalam bekerja.

6.      Peranan Kohesivitas Kelompok untuk Menciptakan Lingkungan Kerja yang Kondusif
Komunikasi yang berjalin dengan baik akan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Para karyawan juga menunjukan kekompakannya dalam berbagai hal baik didalam pekerjaan maupun diluar pekerjaan mereka.

REFERENSI:
Jurnal Administrasi Bisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar